Lecet, sobek, dan jenis kerusakan lain pada ban mobil dapat terjadi dari waktu ke waktu. Jika Anda cukup beruntung memiliki ban cadangan di bagasi Anda, Anda memiliki kesempatan untuk memperbaiki ban mobil Anda sebelum benar-benar rusak.

Memiliki ban serep berguna untuk berbagai alasan:

• Ban serep tidak mahal

• Ban cadangan memungkinkan Anda mendapatkan jarak antara diri Anda dan pengemudi yang malang tanpa perlu berhenti atau berpindah jalur.

Lantas, bagaimana sebenarnya cara memperbaiki ban mobil yang rusak? Berikut beberapa tipsnya:

1) Pertama, temukan masalahnya dan perbaiki sendiri. Jika tidak ada masalah yang jelas dengan suspensi atau ban kendaraan Anda (seperti pelek yang aus), maka menggantinya seharusnya hanya dengan menggantinya dengan yang baru—sama seperti servis mobil lainnya.

2) Pertama, pastikan bahwa semua cairan Anda baru saja diganti: periksa apakah ada cairan yang bocor dari pembersih udara atau di bawah tutup kap mesin; menambahkan air ke sistem akan sering membuat ini lebih mudah. Periksa juga apakah ada tetesan atau kebocoran di sekitar wiring harness; ini dapat disebabkan oleh karat di sekitar mur dan baut di tempat-tempat di mana mereka telah terkorosi oleh karat bodi atau faktor lainnya.

3) Masih ada satu hal lagi yang harus diperiksa terlebih dahulu: pastikan keempat ban dipompa dengan benar—jika salah satu tekanannya rendah maka pastikan keempat ban dipompa setidaknya tiga kali sebelum mengemudi dapat membantu mencegah kempes. 

4) Setelah semuanya diperiksa dan diseimbangkan dengan benar, nyalakan kendaraan Anda. Pastikan keempat roda berputar secara merata di setiap sisi setelah semuanya dimulai; ini membantu mencegah pecah ban di kemudian hari jika satu roda tidak berputar terlalu banyak

Saat ban kempes, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tempat yang aman untuk menepi.

Ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan, tetapi hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan untuk memperbaikinya sendiri. Dalam kebanyakan kasus, tidak mungkin bagi konsumen untuk menyelamatkan ban mobil mereka.

Lebih umum bagi mereka untuk dipaksa melakukan perbaikan yang mahal. Lebih buruk lagi adalah mobil-mobil yang pemiliknya tidak diberitahu tentang apa yang dapat mereka lakukan atau di mana mereka dapat menemukannya. Ketika tapaknya rata, Anda harus berhenti dan menepi dan memeriksa apakah Anda dapat memperbaikinya sendiri atau membiarkan mekanik Anda melakukannya untuk Anda.

Proses perbaikan umumnya bermuara pada dua hal: pertama, Anda perlu memeriksa apakah ada cukup waktu dalam jadwal Anda untuk perbaikan; kedua, singkirkan kerusakan yang berpotensi menyebabkan kerusakan lebih lanjut (seperti korosi).

Jika ban Anda sudah kempes dan Anda memiliki banyak waktu tersisa di hari Anda, Anda perlu memastikan bahwa segala sesuatu yang lain di mobil Anda telah diservis sepenuhnya sesuai dengan standar nasional. Ini berarti memeriksa level oli di mesin dan transmisi (Anda juga dapat memeriksanya kembali setelah menghidupkan ulang); mengganti bagian yang aus atau rusak; memeriksa apakah semua ban dipompa dengan benar; mengganti cairan lama; dll., Anda juga harus menghindari menggunakan truk derek atau orang lain yang tidak tahu apa yang mereka lakukan. Itu sebabnya kami akan menawarkan saran tentang cara melakukan perbaikan sendiri di artikel ini.

Jika ban hanya kempes sebagian, Anda mungkin bisa memperbaikinya

Ini adalah pertanyaan yang sangat penting: bagaimana cara memperbaiki ban mobil yang rusak.

Saya ingat mendapati ban kempes pada kencan pertama saya dengan seorang gadis, dan kami terjebak di dalam mobil dan saya mencoba mencari cara untuk memperbaikinya. Itu adalah satu-satunya hal yang saya miliki pada saya, dan pada saat itu saya tidak peduli bahwa saya berada di dalam mobil dengan seorang gadis. Tapi sekarang? Sekarang saya lakukan.

Sebuah ban mobil melewati 30-40 juta mil per tahun. 

Mekanisme cara kerja mobil bisa jadi rumit, tetapi jangan biarkan mereka membodohi Anda. Mobil Anda (dalam hal ini, ban Anda) sama seperti setiap komponen lain pada kendaraan Anda: jika tidak berfungsi dengan baik, ia akan aus lebih cepat dari yang Anda inginkan. Agar ban Anda berfungsi dengan baik, mereka membutuhkan udara — yang berasal dari udara yang dipompa ke dalamnya dari filter udara atau udara yang dikeluarkan melalui batang katupnya (tergantung apakah seseorang menginginkan cuaca basah atau kering). Tabung yang berjalan tepat di antara ban dan rotor rem Anda memiliki banyak bagian yang bergerak, tetapi semuanya bekerja sama secara harmonis: mereka mengambil bagian tekanan dari sumber apa pun yang mereka butuhkan, kemudian memompa tekanan itu ke bagian mobil mana pun yang paling membutuhkannya ( jika Anda mengemudi dalam cuaca kering), atau mengurangi tekanan dari bagian mana pun dari kendaraan Anda yang paling membutuhkannya (jika Anda mengemudi dalam cuaca basah). Hal-hal ini terjadi pada tingkat yang berbeda tergantung di mana Anda berada: jika Anda mengemudi dalam cuaca kering, mungkin ada lebih sedikit tekanan pada katup daripada pada rotor rem Anda; jika Anda mengemudi dalam cuaca basah, mungkin ada lebih banyak tekanan pada rotor rem Anda daripada di katup Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.